Kandungan dan Manfaat Beras Merah bagi Kesehatan dan Program Diet

Kangdungan pada beras merah

Beras merah
sebagai salah satu makanan pokok memberikan sumber energi bagi tubuh untuk beraktivitas. Setiap 1,5 cangkir /porsi beras merah dimasak memiliki, kurang dari 110 kalori. di bawah ini beberapa persentase kandungan pada beras merah.
  • Karbohidrat – 85 % (  8% berasal dari protein dan 7% lemak )
  • Serat – 7% ( dari serat dibutuhkan untuk diet 2.000 kalori)
  • Vitamin B – ( Sejumlah kecil thiamin, riboflavin, vitamin B-6, folat, dan niacin).  Manfaat vitamin B ini cenderung untuk bekerja bahu-membahu untuk menarik energi dari makanan yang di makan, selain itu mendukung proses otak dan pembentukan sel darah.
  • Magnesium, fosfor dan kalsium – berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang yang kuat
  • Kalium – berfungsi untuk keseimbangan cairan dan fungsi jantung
Manfaat beras merah bagi kesehatan tubuh

1. Menurunkan berat badan
Sudah banyak orang yang merasakan keampuhan beras merah untuk menurunkan badan. Selain karena rendahnya kandungan kalori pada beras merah akan sangat efektif membantu anda mencegah perut buncit atau kelebihan kalori.

2. Sehat bagi pencernaan
Kandungan serat yang tinggi pada beras merah juga menyehatkan bagi pencernaan sehingga dapat menghindari permasalahan kesehatan yang dapat muncul di kemudian hari. Serat ini sangat baik untuk usus dan membantu lancarnya metabolisme tubuh

3. Mengontrol gula darah dan juga baik bagi penderita diabetes

Bagi anda yang menderita diabetes, ada sebaiknya beralih ke beras merah, karena kandungan seratnya sangat tinggi serta kandungan kalori yang lebih rendah dibandingkan dengan beras putih.

4. Menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan juga Meningkatkan HDL (kolesterol baik)

Jika anda mengalami masalah dengan kolesterol, seperti halnya diabetes, anda sangat di jurkan untuk mengkonsumsi beras merah di bandingkan tetap mengkonsumsi nasi putih sebagai makanan pokok anda.

5. Mencegah terjadinya batu empedu

Dalam berbagai penelitian, makanan tinggi serat sangat dikaitkan dengan pencegahan batu empedu. Serat sangat mudah untuk dicerna sehingga membantu dalam menlarutkan sisa makanan untuk membantu membentuk empedu yang sehat.

6. Sumber antioksidan

Beras merah merupakan salah satu sumber yang sangat baik untuk antioksidan, kandungan berbagai vitamin dan mineral yang terdapat di dalam beras merah dapat membantu membuang radikal bebas di dalam tubuh.

7. Menjaga kesehatan tulang

Magnesium merupakan zat selain vitamin D dan kalsium yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kandungan nutrisi pada magnesium juga terdapat pada beras merah sehingga dapat membuatnya membantu kesehatan tulang dan gigi.

8. Kemungkinan dapat mencegah kanker

Selenium serta polifenol yang terkandung dalam beras merah di yakini dapat mencegah kanker usus besar. Selain itu kandungan serat dan antioksidan yang tinggi tentu dapat membantu tubuh menghindari berbagai jenis kanker yang disebabkan oleh radikal bebas.

Manfaat / khasiat beras merah untuk diet
Beras merah dapat membantu untuk menurunkan berat badan. Biji-bijan bergizi yang terdapat pada beras merah ini mengandung 110 kalori per porsi dan masing-masing 2 gram untuk protein dan serat. Beras merah merupakan sumber yang baik dari magnesium, fosfor, tiamin, vitamin B-6 dan niacin dan juga menyediakan zat besi dan seng.
Kandungan glikemiks rendah yang terdapat pada nasi merah sangat baik bagi orang yang sedang menjalankan program diet karena mengendalikan penyerapan kalori terlebih pada tubuh. Bagi orang yang menjalankan program diet mengkonsumsi makanan jenis karbohidrat tetaplah penting namun pilih yang memiliki kandungan serat seperti pada manfaat beras merah. Serat yang terdapat pada beras merah berasal dari kulitnya karena beras merah tidak mengalami proses penggilingan dan pengelupasan sehingga berbeda dengan beras putih biasa yang nutrisi lainnya ikut hilang karena penggilingan.

https://www.nutrinext.co.id/beras-merah