Khasiat Beras Merah untuk Kesehatan

Beras merah atau brown rice adalah beras yang tidak digiling atau setengah digiling, berbentuk butir utuh. Rasa dari beras merah hampir seperti kacang dengan tekstur yang lebih kenyal daripada beras putih. Dengan kemungkinan lebih cepat basi, tetapi beras merah lebih bernutrisi dibandingkan dengan beras putih. Hal ini dikarenakan lapisan ari yang terdapat dalam beras merah lebih banyak mengandung nutrisi.
Waktu konsumsi beras merah yang tepat :
  • Ketika sedang diet.
  • Menghindari diabetes
  • Sudah terkena diabetes
  • Mengalami penyakit jantung
  • Mencegah penyakit jantung
  • Menurunkan kolesterol
  • Meningkatkan HDL.
Kandungan apa saja yang terdapat dalam beras merah??
Berikut daftar kandungan yang terdapat didalam beras merah :
Setiap porsi beras merah masak yang disajikan memiliki jumlah kalori yang baik yakni kurang dari 110 kalori. Begitu juga presentasi kandungan didalam beras merah ini:
Karbohidrat – 85 % (  8% berasal dari protein dan 7% lemak )
Serat – 7% ( serat dibutuhkan untuk tubuh dan pencernaa)
Vitamin B – ( Sejumlah kecil thiamin, riboflavin, vitamin B-6, folat, dan niacin).  Fungsi  vitamin B ini untuk menarik energi dari makanan yang dikonsumsi, juga berguna untuk mendukung proses otak dan pembentukan sel darah.
Magnesium, fosfor dan kalsium – guna menjaga kesehatan tulang yang kuat.
Kalium – untuk keseimbangan cairan dan fungsi dari jantung
Kandungan lain dalam beras merah: zat besi, zinc, dan mangan. Kandungan gizi tersebut berfungsi sebagai antioksidan, meningkatkan kekebalan tubuh, membantu pembentukan sel darah merah. Kadar antioksidan tentu baik mencegah kanker.

Jenis Beras Merah berdasarkan tampilan beras merah
Beras merah yang berwarna merah gelap, beras merah ini belum disosok atau atau dikelupas arinya,sehingga ketika dimakan akan terasa lebih kasar dan mengenyangkan.
Beras merah yang berwarna merah terang,beras merah ini sudah dikelupas kulit arinya sehingga ketika dimakan lebih lunak dan tidak terlalu padat.Kedua jenis beras merah ini sama baiknya; untuk kandungan serat sudah tentu yang lebih baik adalah jenis beras merah yang belum disosok,namun jika anda ingin beras merah yang terasa lebih enak tentu yang berwarna merah terang,jadi terserah anda.
Cara memilih beras merah yang baik
Beras merah yang baik memiliki selaput (kulit ari) yang berwarna merah hati dan masih utuh. Jika menemukan beras merah yang kulit permukaannya banyak yang rusak atau mengelupas, dapat disimpulkan bahwa itu bukan beras merah yang baik. Selaput permukaan beras merah yang mengelupas juga menjadi penanda jika beras merah tersebut sudah mengalami pengurangan nutrisi di dalamnya. Jika mendapatkan beras merah yang warnanya berubah menjadi kecokelatan atau kotor sebaiknya jangan dikonsumsi atau digunakan. Pilihlah beras merah yang warnanya merah hati atau merah bersih.

Manfaat / Khasiat Beras Merah Untuk Kesehatan
Menurunkan Berat badan – Dengan rendahnya kandungan kalori pada beras merah baik untuk proses diet dan kandungan karbohidrat kompleks beras merah akan menyuplai energi secara berkala pada tubuh sehingga rasa lapar tidak cepat timbul.
Sehat Untuk Pencernaan – Beras merah yang kaya akan kandungan serat . Serat ini sangat baik untuk usus dan membantu lancarnya metabolisme tubuh.
Mengontrol gula darah - Baik untuk penderita diabetes, dengan kandungan kalori yang sedikit dan kaya akan kandungan serat hal ini tentunya cocok dikonsumsi untuk para penderita diabetes yang harus mengontrol gula darahnya.
Menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat)
Meningkatkan HDL (kolesterol baik) - Jika anda mengalami masalah dengan kolesterol, seperti halnya diabetes, anda wajib mengkonsumsi beras merah di bandingkan tetap mengkonsumsi nasi putih sebagai makanan pokok anda.

Mencegah terjadinya pembentukan batu empedu – Di berbagai penelitian makanan kaya kandungan seratnya sangat dikaitkan dengan pencegahan pembentukan batu empedu. Dikarenakan serat sangat mudah dicerna hingga dapat membantu dalam pelarutan sisa makanan untuk membantu pembentukan empedu yang sehat.

Sumber antioksidan - Kandungan berbagai vitamin dan mineral yang terdapat di dalam beras merah dapat membantu membuang radikal bebas dalam tubuh. Beras merah merupakan salah satu sumber yang sangat baik untuk antioksidan.

Menjaga kesehatan tulang - Kandungan nutrisi magnesium juga terdapat pada beras merah sehingga membuatnya dapat membantu kesehatan tulang dan gigi. Magnesium merupakan zat selain vitamin D dan kalsium yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Kemungkinan dapat mencegah kanker - Selenium serta polifenol yang terkandung dalam beras merah di yakini dapat mencegah kanker usus besar. Selain itu kandungan serat juga antioksidan yang tinggi dapat membantu tubuh menghindari berbagai jenis kanker yang disebabkan oleh radikal bebas.