Pengobatan Wasir di Rumah

Penyakit ambeien atau wasir pasti tidak asing bukan Moms. Ambeien atau wasir bisa disebabkan oleh berbagai hal lho. Seperti akibat mengejan terlalu keras, atau terlalu lama duduk juga bisa menyebabkan ambeien.

obat ambeien parah

Umumnya, ambeien tidak berbahaya dan dapat sembuh sendiri atau dapat disembuhkan dengan pengobatan yang tepat. Ada beberapa pilihan cara mengobati ambeien, mulai dari yang sederhana hingga dengan prosedur operasi.

Tapi Moms bisa coba mengikuti pengobatan ambeien ini di rumah lho.

1. Pola hidup sehat

Mengonsumsi makanan berserat tinggi dan minum 8-10 gelas air per hari dapat membantu mengatasi gejala ambeien. Dengan begitu, gerakan usus lebih lembut dan teratur. Sehingga akan membantu Moms menghindari ketegangan yang dapat memperparah gejala ambeien.

Makanan yang mengandung serat tinggi bisa kita dapatkan dari buah-buah, sayuran, dan biji-bijian. Tambahkan serat ke makanan kita secara perlahan untuk menghindari masalah dengan gas. Olahraga yang teratur juga dapat membantu mencegah gejala ambeien semakin memburuk. Lakukan olahraga yang sederhana seperti jalan cepat 20-30 menit setiap hari.

2. Sitz bath

Sitz bath adalah mandi air hangat dengan merendam daerah anus dalam air hangat. Rendam kurang lebih 10-15 menit, 2-3 kali sehari dan lakukan dengan teratur. Sitz bath dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan akibat ambeien.

Pastikan Moms mengeringkan area anus dengan benar setiap selesai melakukan sitz bath. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan kelembapan yang dapat mengganggu kulit di sekitar anus.

3. Gunakan bantal

Duduklah di atas bantalan yang empuk, jangan di permukaan yang keras. Ini akan meredakan pembengkakan akibat ambeien dan dapat membantu mencegah pembentukan ambeien baru.

4. Menjaga kebersihan daerah anus

Jaga agar daerah anus tetap bersih dengan mandi setiap hari. Bersihkan kulit di sekitar anus dengan lembut dan sebaiknya dengan air hangat. Pastikan juga daerah anus tidak terlalu lembap. Hindari menggunakan tisu yang mengandung alkohol atau parfum.

5. Kompres air dingin

Kompres dengan es yang dibungkus handuk bersih atau kompres dengan air dingin pada daerah anus. Terutama ketika rasa sakitnya sedang kambuh. Hal ini dapat mengurangi pembengkakan dan nyeri.